RPP K13 KELAS 1 - MIN 1 PASER

Recent Posts

test banner

Terbaru

Minggu, 24 Februari 2019

RPP K13 KELAS 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  SDN ...................
Kelas / Semester          :  I (Satu) / 1
Tema 1                            :  Diriku
Sub Tema 1                   :  Aku dan Teman Baru
Pembelajaran                :  1
Alokasi Waktu               :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)& INDIKATOR
Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator
1
3.9 Mengenal kosa kata danungkapan perkenalan diri,keluarga, dan orang-orangdi tempat tinggalnya secaralisan dan tulis yang dapatdibantu dengan kosakatabahasa daerah
3.9.1 Menunjukkan kosa kata  dan ungkapan perkenalandiri lisan atau tulis dengantepat
2
4.9 Menggunakan kosa kata danungkapan yang tepat untukperkenalan diri, keluarga,dan orang-orang di tempattinggalnya secara sederhanadalam bentuk lisan dantulisan
4.9.1 Menggunakan kosa katadan ungkapan perkenalandiri lisan atau tulis dengantepat





PPKn
No
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator
1
1.1 Menerima keberagamankarakteristik individu dalamkehidupan beragama, sukubangsa, ciri-ciri fisik, psikis,dan hobi sebagai anugerahTuhan Yang Maha Esa dilingkungan rumah dansekolah

2
1.2 Menghargai kebersamaandalam keberagaman sebagaianugerah Tuhan Tuhan YangMaha Esa di lingkunganrumah dan sekolah

3
2.2 Menunjukkan perilakupatuh pada tata tertibdan aturan yang berlakudalam kehidupan sehari-haridi rumah sekolah danmasyarakat sekitar

4
3.2 Memahami aturan yangberlaku dalam kehidupansehari-hari di rumah

3.2.4 Menggali informasi halhalyang harus dilakukansehubungan dengan aturandi rumah
5
4.2 Melakukan kegiatan sesuaiaturan yang berlaku dalamkehidupan sehari-hari dirumah
4.2.4 Mempraktikkan kegiatanmemberi salam saat keluarrumah

SBdP
No
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator
1
3.2 Memahami elemen musikmelalui lagu
3.2.1 Mengidentifikasi perbedaan warna suara manusia

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Melalui lagu, siswa dapat memperkenalkan diri dengan menyebut namapanggilan.
2.    Melalui permainan “Suara siapakah itu?”, siswa dapat mendengarperbedaan warna suara teman.
3.    Saat bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat menyebut nama teman dengan benar.
4.    Setelah selesai bernyanyi dan melakukan permainan, siswa dapat mengingat semua nama teman dengan benar dan warna suara masing-masing teman.
5.    Dengan berbagi cerita, siswa dapat memberikan informasi dan memeragakan tentang aturan di rumah dengan memberi slam pada orang tua saat ke luar rumah.




v  Karakter siswa yang diharapkan :           Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong-royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
  Berdoa sebelum memulai pelajaran agar kegiatan berjalan lancar (religius)
  Guru menyapa beberapa siswa dan menanyakan namanya.
  Guru lalu menanyakan, “Apakah kalian sudah berpamitan kepada orang tua masing-masing saat hendak ke sekolah?” (lihat buku siswa halaman(Literasi)
   “Bagaimana cara kalian berpamitan dengan orang tua?”
  Guru menerima jawaban siswa yang beragam. Ada yang mengucapkan salam saja, ada yang mengucapkan salam sambil mencium tangan, dan ada juga yang tidak berpamitan dengan orang tua.
  Guru menyampaikan kepada siswa pentingnya berpamitan kepada orang tua. Guru meminta siswa agar esok berpamitan kepada orang tua saathendak pergi ke sekolah.
10 menit
Inti
·         Setelah itu, guru mengajak siswa untuk saling berkenalan.(nasionalis dan integritas)
·         Guru menunjukkan cara berkenalan. (guru mencontohkan seperti yang dilakukan Edo dan Beni di buku siswa halaman 3)
·         Kemudian siswa diajak untuk saling berkenalan melalui sebuah permainan lempar bola dan guru menjelaskan aturan bermainnya. (siswa diminta membentuk posisi melingkar, boleh duduk atau berdiri, lalu guru mencontohkan cara melempar menangkap bola dengan tepat).(Collaboratif)
·         Permainan dimulai dari guru dengan memperkenalkan diri, “Selamat pagi, nama saya Ibu/Bapak...biasa dipanggil Ibu/Bapak... kemudian, melempar bola pada salah satu siswa (melempar bola dengan pelan, hindari dengan keras)
·         Siswa yang menangkap lemparan bola harus menyebutkan nama lengkap dan panggilannya. Kemudian dia melempar bola kepada teman yang lain. Teman yang menangkap lemparan bola, juga menyebutkan nama lengkap dan panggilannya.(Gotong-royong)
·         Demikian seterusnya hingga seluruh siswa memperkenalkan diri.
·         Setelah semua siswa memperkenalkan diri, guru mengajak siswa untuk bernyanyi sambil menyebutkan kembali nama masing-masing. Gurumenggunakan lagu yang ada di buku siswa halaman 6.
·         Siswa tetap berada pada posisi lingkaran. Guru mencontohkan cara menyanyi lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk pundak salah satu siswa, lalu siswa itu menyebutkan namanya. Siswa tersebut kemudian menyanyikan kembali lagu “Siapa Namamu?” sambil menepuk pundak teman di sebelah kanannya, lalu teman tersebut menyebutkan namanya sambil mengikuti irama lagu. Begitu seterusnya.(Mandiri)
·         Selain menigngat nama teman, saat bernyanyi, minta siswa juga untuk mengingat suara teman masing-masing.(Critical Thinking and Problem Solving)
·         Kegiatan dilanjutkan dengan meminta siswa mengamati buku siswa halaman 3–6. Guru lalu bertanya pada siswa, apakah mereka sudah berkenalan seperti yang dilakukan Edo dan teman-teman.(Integritas)
·         Kegiatan berkenalan dengan berbagai cara memudahkan siswa untukmengingat nama teman-teman di kelas.
35 Menit X  30 JP
Penutup
  Kegiatan ditutup dengan diskusi pentingnya saling mengenal. Seperti kata pepatah, tak kenal maka tak sayang. Upayakan guru memberikan penguatan tentang pentingnya saling mengenal. (Critical Thinking and Problem Solving)
  Setelah diskusi tentang pentingnya saling mengenal, guru menutup kegiatan di hari itu dengan mengajak siswa untuk menyanyikan lagu “Siapa namamu?” sekali lagi. Guru dan siswa sama-sama menyanyikan bait “Siapa namamu? Namaku…” setelah itu guru dan siswa secara bergiliran menyebutkan nama masing-masing hingga selesai.(Mandiri)
  Guru memberi salam penutup. Siswa berdoa bersama-sama (religius)
  Guru meminta siswa untuk berpamitan dan memberi salam kepada gurusaat pulang.
15 menit

E.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡  Bola plastik atau bola dari kertas bekas yang dibuat menjadi bentuk bola
¡  Karton/kertas/kardus bekas yang sudah dipotong-potong dan diberi nama masing-masing siswa
¡  Pensil warna/spidol yang bisa digunakan untuk menghias kartu yang sudah disediakan
¡  Tali/peniti/alat lain untuk memasangkan kartu nama


MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH




(Nama Kepala Sekolah)
NIP.
GURU KELAS I





(Nama Guru Kelas)
NIP.


Lampiran 1
PENILAIAN PEMBELAJARAN
MATERI PEMBELAJARAN
¡  Perkenalan diri
¡  Peraturan permainan
¡  Permainan memperkenalkan diri
¡  Gerakan melempar dan menangkap
¡  Menghias gambar kartu nama
¡  Lirik lagu “Siapa Namamu”

METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan      : Saintifik
Metode               :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah

Penilaian Pembelajaran
Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
Penilaian pengetahuan
Tes lisan tentang nama-nama teman di kelas
(guru menyusun pertanyaan yang akan digunakan untuk tes lisan)
Penilaian keterampilan:

Penilaian Unjuk Kerja

Memperkenalkan diri lewat permainan dan nyanyian

Kriteria
Baik sekali
Baik
Cukup



Perlu
Pendampingan




4
3
2
1
1.
Kemampuan
Siswa mampu
Siswa mampu
Siswa hanya
Siswa belum

memperkenalkan
Menyebutkan
menyebutkan
mampu
mampu mem-

diri
nama panjang
nama panjang
menyebutkan
perkenalkan diri


dan nama

nama panggilan



Panggilan









2.
Kemampuan
Siswa mampu
Siswa mampu
Siswa mampu
Siswa belum

menjalankan
Melakukan
melakukan
melakukan
mampu

peraturan pada
Permainan
permainan
permainan
melakukan

permainan
sesuai dengan
sesuai aturan
sesuai aturan,
permainan sesuai


instruksi tanpa
tetapi dengan
tetapi dengan
dengan aturan


Pengarahan
1 kali arahan
lebih dari 1 kali



Ulang
ulang
arahan ulang







3.
Kemampuan
Siswa mampu
Siswa
Siswa melempar
Siswa belum

melakukan
melempar dan
melempar dan
dan menangkap
mampu melempar

gerakan
menangkap bola
menangkap
bola, tetapi
dan menangkap

melempar dan
dengan akurat
bola, tetapi 1-2
lebih dari 3 kali
bola

menangkap
(tidak pernah
kali meleset
meleset



meleset)











1.   Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Disiplin
Bekerjasama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Ekal












2
Aisy












3
Zidan












Keterangan:
BT       : Belum Terlihat
MT       :  Mulai Terlihat
MB      :  Mulai Berkembang
SM      :  Sudah Membudaya
Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai
2.   Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (lembar kerja)

3.   Penilaian Pengetahuan
a.   Penilaian : Unjuk Kerja

Memperkenalkan diri lewat permainan
No
Kriteria
Baik Sekali 4
Baik 3
Cukup 2
Perlu Bimbi- ngan 1
1.
Kemampuan memperkenal-kan diri
Siswa mampu menyebutkan nama panjang dan nama panggilan
Siswa mampu menyebutkan nama panjang
Siswa hanya mampu Menyebutkan nama panggilan
Siswa belum mampu memperkenalkan diri
2.
Kemampuan menjalankan peraturan pada permainan
Siswa mampu melakukan permainan sesuai dengan instruksi tanpa pengarahan ulang
Siswa mampu melakukan permainan sesuai aturan tetapi dengan 1 kali arahan ulang
Siswa mampu melakukan permainan sesuai aturan, tetapi dengan lebih dari 1 kali arahan ulang
Siswa belum mampu melakukan permainan sesuai dengan aturan
3.
Kemampuan melakukan gerakan melempar dan menangkap
Siswa mampu melempar dan menangkap bola dengan akurat (tidak pernah meleset)
Siswa melempar dan menangkap bola, tetapi 1-2 kali meleset
Siswa melempar dan menangkap bola, tetapi lebih dari 3 kali meleset
Siswa belum mampu melempar dan menangkap bola
b.   Penilaian : Unjuk Kerja
Rubrik Penilaian Membuat Kartu Nama
No
Kriteria
Baik Sekali 4
Baik 3
Cukup 2
Perlu Bimbi- ngan 1
1.
Komponen kartu nama

Memenuhi 3 komponen (gambar/foto diri, hiasan, dan bentuk yang unik)
Memenuhi 2 dari 3 komponen
Hanya memnuhi 1 dari 3 komponen
Tidak memenuhi 3 komponen
2.
Jumlah warna yang digunakan
Menggunakan 4 warna atau lebih
Menggunakan 3 warna
Menggunakan 2 warna
Menggunakan 1 warna


                                               
                   
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan      :  SDN ...................
Kelas / Semester          :  I (Satu) / 1
Tema 1                            :  Diriku
Sub Tema 1                   :  Aku dan Teman Baru
Pembelajaran                :  2
Alokasi Waktu               :  1 x Pertemuan (6 x 35 menit)


A.     KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1  :  Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2  :  Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan guru
KI 3  :  Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah
KI 4  :  Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

B.     KOMPETENSI DASAR (KD)& INDIKATOR
Bahasa Indonesia
No
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator
1
3.9  Mengenal kosa kata danungkapan perkenalan diri,keluarga, dan orang-orangdi tempat tinggalnya secaralisan dan tulis yang dapatdibantu dengan kosakatabahasa daerah
3.9.2 Mengenal kosa kata danungkapan perkenalan diri,keluarga, dan orang-orangdi tempat tinggalnya secaralisan dan tulis yang dapatdibantu dengan kosakatabahasa daerah
2
4.9 Menggunakan kosa kata danungkapan yang tepat untukperkenalan diri, keluarga,dan orang-orang di tempattinggalnya secara sederhanadalam bentuk lisan dantulisan
4.9.2 Menggunakan kosa katadan ungkapan yang tepatuntuk perkenalan diri,keluarga, dan orang-orangdi tempat tinggalnya secarasederhana dalam bentuklisan dan tulisan




PJOK
No
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator
1
3.1 Memahami prosedur gerakdasar lokomotor sesuaidengan konsep tubuh, ruang,usaha, dan keterhubungandalam berbagai bentukpermainan sederhana danatau tradisional.

3.1.1 Menjelaskan prosedurgerakan berjalan satu arahsesuai dengan konseptubuh, ruang, usaha danketerhubungan dalamberbagai bentuk permainansederhana dan atautradisional.
2
4.1 Mempraktikkan prosedurgerak dasar lokomotor sesuaidengan konsep tubuh, ruang,usaha, dan keterhubungandalam berbagai bentukpermainan sederhana danatau tradisional

4.1.1 Mempraktikkan prosedurgerakan berjalan satu arahsesuai dengan konseptubuh, ruang, usaha danketerhubungan dalamberbagai bentuk permainansederhana dan atautradisional.

C.     TUJUAN PEMBELAJARAN
1.    Setelah melakukan gerakan pada permainan sederhana, siswa dapatberjalan lurus ke satu arah dengan tepat.
2.    Dengan permainan sederhana, siswa dapat bekerjasama denganteman.
3.    Dengan bermain “cerita teman”, siswa dapat mengikuti aturansebuahpermainan.
4.    Setelah bermain “cerita teman”, siswa dapat mengingat namalengkapdan panggilan teman saat memperkenalkan satu teman kepada temanyang lain.
v  Karakter siswa yang diharapkan :         Religius
Nasionalis
Mandiri
Gotong-royong
Integritas

D.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi
Waktu
Pendahuluan
  Guru mengajak siswa berdoa dan membalas salam.(Religius)
  Guru menanyakan kabar kepada siswa. “Bagaimana keadaan kalian? Sehat?”
“Apakah kalian masih ingat nama temanteman
baru?”
  Guru lalu menunjuk salah satu siswa dan meminta siswa tersebut untuk mengingat 3-5 nama teman baru sambil menunjuk teman yang dimaksud. Kegiatan ini dilakukan dua kali, sekedar pengulangan untuk mengamati apakah para siswa masih ingat nama teman barunya. Bisa juga metode bentuk pengulangan materi dengan menyanyikan lagu “Siapa Namamu?”
  Setelah kegiatan pengulangan, lalu guru memulai pembelajaran dengan menyanyi lagu nasional (Nasionalisme)

10 menit
Inti
·         Pada awal pelajaran, guru menyampaikan kepada siswa mereka akan bermain di luar kelas.
·         Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok, perempuan dan lakilaki terpisah.
·         Guru meminta setiap kelompok berdiri membentuk satu barisan ke belakang. Siswa di setiap kelompok berdiri sambil memegang pundak teman di depannya. (Gotong-royong)
·         Semua barisan kelompok berdiri di garis awal yang sudah ditentukan oleh guru. Setelah diberi aba-aba, semua kelompok akan berlomba berjalan lurus ke satu arah menuju garis akhir yang sudah diberi tanda oleh guru.
·         Guru mengulangi kegiatan ini sebanyak dua kali. Siswa yang tadi berdiri paling depan pindah ke urutan paling akhir, lalu siswa yang berdiri di urutan kedua maju menjadi siswa yang paling depan. (Integritas)
·         Setelah kegiatan bermain di luar selesai, siswa dipersilahkan beristirahat di dalam kelas, sambil membaca buku perpustakaan yang ada di kelas (Literasi)
Selesai membaca, guru mengajak siswa bermain “Cerita teman” untukmengenal lebih dekat teman barunya. Siswa akan berbagi informasimengenai nama lengkap dan panggilan teman yang duduk di sebelahnya. ( Collaborative)
·         Minta siswa kembali berkumpul bersama teman kelompok yang samasaat bermain di luar kelas dan membentuk lingkaran. (Mandiri)
·         Guru memberi contoh cara bermain “Cerita teman” (lihat buku siswahalaman 10) sambil membagikan saputangan ke setiap kelompok.
·         Setiap kelompok memilih teman yang akan memberi aba-aba dalampermainan tersebut.
·         Siswa yang menerima saputangan mengucapkan terima kasih sebelumdan sesudah mengenalkan teman di sebelah kanannya.( Creative , Communicative)
·         Siswa kedua yang menerima saputangan juga melakukan hal yang sama.Begitu seterusnya sampai semua siswa mendapat giliran.
·         Siswa yang lain mendengar dan membantu mengoreksi jika ada informasiyang tidak sesuai. (Critical Thinking and Problem Solving)
35 Menit X  30 JP
Penutup
  Setelah selesai, guru bersama siswa menyimpulkan bahwa semua siswa mempunyai nama lengkap dan panggilan. Nama-nama merekasemuanya bagus. Adanya nama membuat kita menjadi saling mengenal. (Integritas)
15 menit

E.     SUMBER, ALAT  DAN  MEDIA PEMBELAJARAN
¡  Buku Siswa Tema : Diriku Kelas 1 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum2013 Rev.2017, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2013 Rev.2017).
¡  Potongan kertas bertuliskan angka 1 - 5 sebanyak 3 set atau lebih


MENGETAHUI
KEPALA SEKOLAH




(Nama Kepala Sekolah)
NIP.
GURU KELAS I





(Nama Guru Kelas)
NIP.


Lampiran 1

MATERI PEMBELAJARAN
¡  Mengenal Bilangan bersama Teman
¡  Berdiskusi untuk Mengenal Teman Baru

METODE PEMBELAJARAN
¡  Pendekatan     : Saintifik
¡  Metode              :  Permainan/simulasi, diskusi, tanya jawab, penugasan dan ceramah
Gerak Dasar dalam Pendidikan Jasmani
Menurut Husdarta dan Yudha M. Saputra (2000:73) ruang lingkup pendidikan jasmani salah satunya adalah pembentukan gerak, yang meliputi keinginan untuk bergerak, menghayati ruang waktu dan bentuk termasuk perasaan irama, mengenal kemungkinan gerak diri sendiri, memiliki keyakinan gerak dan perasaan sikap (kinestetik) dan memperkaya kemampuan gerak.
Sedangkan menurut Amung Ma’mun dan Yudha M. Saputra (2000:20) kemampuan gerak dasar merupakan kemampuan yang biasa siswa lakukan guna meningkatkan kualitas hidup. Selanjutnya masih menurut Amung Ma’mun dan Yudha M. Saputra (2000:20) menyatakan bahwa kemampuan gerak dasar dibagi menjadi tiga kategori yaitu :
A.  Kemampuan lokomotor
Kemampuan lokomotor digunakan untuk memindahkan tubuh dari satu tempat ke tempat lain atau untuk mengangkat tubuh ke atas seperti lompat dan loncat. Kemampuan gerak lainnya adalah berjalan, berlari, skipping, melompat, meluncur, dan lari seperti kuda berlari (gallop).
B.  Kemampuan non lokomotor
Kemampuan non lokomotor dilakukan di tempat tanpa ada ruang gerak yang memadai. kemampuan non lokomotor terdiri dari menekuk dan meregang, mendorong dan menarik, mengangkat dan menurunkan, melipat dan memutar, mengocok, melingkar, melambungkan, dan lain-lain
C.  Kemampuan manipulatif
Kemampuan manipulatif dikembangkan ketika anak tengah menguasai macam-macam objek. Kemampuan manipulatif lebih banyak melibatkan tangan dan kaki, tetapi bagian lain dari tubuh kita juga dapat digunakan. Manipulasi objek jauh lebih unggul daripada koordinasi mata-kakidan tangan-mata, yang mana cukup penting untuk berjalan (gerakan langkah) dalam ruang. Bentuk-bentuk kemampuan manipulatif terdiri dari:
·         Gerakan mendorong (melempar, memukul, menendang).
·         Gerakan menerima (menangkap) objek adalah kemampuan penting yang dapat diajarkan dengan menggunakan bola yang terbuat bantalan karet (bola medisin) atau macam bola yang lain.
·         Gerakan memantul-mantulkan bola atau menggiring bola
Gerak Lokomotor dan Non Lokomotor

A.  Gerak Lokomotor
Gerak lokomotor adalah gerakan tubuh yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat. Pada umumnya gerak ini menggunakan kaki sebagai penunjang utama gerakan. Contoh gerak ini adalah berjalan, berlari, melompat, meloncat, dan meluncur.

B.  Gerak Non Lokomotor
Gerak non lokomotor adalah gerakan seluruh atau sebagian tubuh tanpa disertai perpindahan tempat. Contoh gerak ini adalah membungkuk, meregang, memutar tubuh, dan mengayunkan lengan
A.  Gerak Lokomotor
Gerakan lokomotor merupakan suatu gerakan yang ditandai dengan adanya perpindahan tempat, seperti jalan, lari, melompat, dan mengguling. Gerakan ini biasanya membuat anak merasa senang melakukannya. Gerakan lokomotor ini bisa dimodifikasi menjadi permainan anak sehingga tanpa disadari siswa sedang melakukan gerak lokomotor, seperti berjalan, lari, dan melompat. Tujuan dari dilakukannya gerakan dasar jalan dan berlari adalah meningkatkan kemampuan gerakan dasar yang banyak dilakukan dalam kehidupan sehari-hari.

B.  Gerak Lokomotor
Gerakan dasar ini dilakukan tanpa adanya perpindahan tempat, contohnya meliuk, menggoyangkan pinggul dan bahu, menarik, menekuk, dan memutar.
·           Memuntir Badan. Gerakan memuntir atau memilin badan dapatdilakukan dengan memutar setengah badan dimana posisi kedua kaki tetap, tetapi anggota badan mulai dari pinggang sampai kepala diarahkan ke samping.
·           Menekuk Badan. Gerakan Menekuk badan dapat dilakukan dengan jongkok, menunduk atau menekuk badan ke samping.
·           Memutar Badan. Gerakan memutar badan dilakukan dengan mengubah posisi kaki untuk mengubah posisi bandan menghadap kea rah yang berbeda.
·           Gerakan Mengubah Posisi Anggota Tubuh (Tangan, kaki, dan Kepala). Gerakan mengubah posisi anggota tubuh yang tidak menyebabkan berpindahnya badan secara keseluruhan ke tempat lain contohnya menggeleng kepala


lampiran 2
Penilaian Pembelajaran
Penilaian Sikap: Observasi dan pencatatan sikap siswa selama kegiatan
Penilaian pengetahuan:
Tes tertulis
(Guru meminta siswa menyebutkan 5 nama panggilan dan lengkap teman baru di kelas. Selain itu bisa guru mengembangkan jenis pertanyaan yang akan diberikan, misalnya siswa menyebutkan nama teman sambil menunjuk orang yang dimaksud atau menyebutkan ciri-ciri teman tersebut)
No
Nama Siswa
Kriteria
Predikat
Berbaris lurus memegang pundak
Berjalan
lurus ke
satu arah
Mulai dan
berhenti berjalan
sesuai
aba-aba
Rapi dan
teratur
1
Dayu
Sangat Baik
2
Udin
-
Baik
3
……






b.   Penilaian: Unjuk kerja: Memperkenalkan teman lewat permainan
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Pendampingan 1
1. Kemampuan
memperkenalkan
teman di
kelas
Siswa mampu
menyebutkan
nama lengkap
dan nama
panggilan
teman di kelas
dengan mandiri
Siswa mampu
menyebutkan
nama
lengkap
dan nama
panggilan
teman di
kelas dengan
arahan dari
guru satu kali
Siswa mampu
menyebutkan
nama lengkap
dan nama
panggilan
teman di
kelas dengan
arahan dari
guru lebih dari
satu kali
Siswa belum
mampu
menyebutkan
nama lengkap
dan nama
panggilan teman
di kelas
2. Kemampuan
menjalankan
peraturan pada
permainan
Siswa mampu
melakukan
permainan
sesuai dengan
instruksi tanpa
pengarahan
ulang
Siswa mampu
melakukan
permainan
sesuai aturan
tetapi dengan
1 kali arahan
ulang
Siswa mampu
melakukan
permainan
sesuai aturan,
tetapi dengan
lebih dari 1 kali
arahan ulang
Siswa belum
mampu
melakukan
permainan
sesuai dengan
aturan
(Format penilaian bisa dilihat di teknik dan instrument penilaian yang terdapat pada bagian depan buku guru)



PENILAIAN PEMBELAJARAN
1.   Penilaian Sikap
No
Nama Siswa
Perubahan Tingkah Laku
Percaya Diri
Disiplin
Bekerjasama
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1
Ekal












2
Aisy












3
Zidan












4
………












Keterangan:


BT       : Belum Terlihat
MT       :  Mulai Terlihat
MB      :  Mulai Berkembang
SM      :  Sudah Membudaya


Berilah tanda centang (P) pada kolom yang sesuai

2.   Penilaian Pengetahuan
Instrumen penilaian: tes tertulis (isian)
3.   Penilaian Pengetahuan
a.   Penilaian: Observasi (Pengamatan)
Lembar Pengamatan Ketaatan dalam Peraturan Permainan
No.
Kriteria
Terlihat ( P)
Belum Terlihat (P )
1.
Siswa mampu mengikuti instruksi guru


2.
Siswa terlibat aktif dalam permainan


3.
Mengikuti peraturan dalam permainan


4.
Mengenal konsep dan lambang bilangan 1-5



b. Penilaian: Unjuk Kerja
Rubrik Kegiatan Memperkenalkan Teman
No
Kriteria
Baik Sekali
4
Baik
3
Cukup
2
Perlu Bimbingan
1
1.
Kemampuan menyebutkan identitas teman dalam kelompok
Siswa mampu meyebutkan identitas dari 4 atau lebih temannya.
Siswa mampu meyebutkan identitas dari 3 temannya.
Siswa mampu meyebutkan identitas dari 2 temannya.
Siswa mampu meyebutkan identitas dari 1 temannya.
2.
Kerja sama kelompok
Seluruh anggota kelompok berpartisipasi aktif.
Setengah atau lebih anggota kelompok  berpartisipasi aktif.
Kurang dari setengah anggota kelompok ber partisipasi aktif.
Seluruh anggota kelompok terlihat pasif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
Tanah Grogot, Kalimantan Timur, Indonesia

Halaman