Mulai tahun 2021, akan diadakan Asesmen Nasional untuk jenjang SD / MI sampai SMA / SMK / MA, Walaupun disebut Pengganti Ujian Nasional, Asesmen nasional Berbeda sekali dengan Ujian Nasional atau USBN.Asesmen Nasional 2021 adalah pendidikan mutu pada seluruh sekolah, madrasah, dan program keseteraan jenjang sekolah dasar dan menengah. AKM dirancang untuk mengukur peserta didik atau siswa dari hasil belajar kognitif yaitu literasi dan numerasi.
Berikut ini adalah gambaran singkat tentang Asesmen Nasional dan Teknis Pelaksanaan Agenda Akhir untuk Jenjang SD / MI- SMA / SMK / MA. Gambaran singkat ini penulis dapatkan saat mengikuti Bimbingan dan Pelatihan Asesmen Nasional 2021 dengan Nara Sumber: Encon Rahman, Beliau adalah salah satu guru dengan prestasi Juara 1 Guru Berprestasi Tingkat Nasional Tahun 2016 dan salah satu guru penerima penghargaan internasional dari pemerintah Thailand. Berikut ini hasil tanya jawab dengan narasumber:
Nama: Dzakirul Husni
Provinsi: Kalimantan Timur
Pertanyaan:
Untuk Jenjang SD agenda pelaksanaan akhir kelas 6 bagaimana kang?
Jawaban
1. Agenda akhir kelas 6 sama tahun sebelumnya
2. Jika sekolah akan mengadakan ujian sekolah untuk kelas 6 lokasi.
Nama saya Saibah yang mau ditanyakan apa yang melaatar belakang i kebijakan asesmen Nasional tahun lalu
Jawaban
Yang melatar belakangi asesmen tahun lalu lebih fokus kepada kebijakan pendidikan secara makro. Sedangkan yang melatarbelakangi asesmen tahun ini. Lebih kepada kebijakan merdeka belajar
Nama: Nurhaida
Propinsi: Riau
Pertanyaan:
Dengan pelaksanaan Asesmen, apakah dapat meningkatkan mutu pendidikan siswa, bagaimana cara mengukur kompetensi siswa. 🙏 terima kasih
Jawaban
Asesmen pemetaan untuk mengukur mutu pendidikan bukan mengukur personal siswa. Asesmen nasional adalah cara mendiagnosa mutu pendidikan.
Cara mengukur kompetensi siswa yaitu dengan AKM.
Sedangkan untuk mengukur mutu pendidikan yakni
1. AKM
2. Survei karakter
3. Survei lingkungan belajar
Nama: Yohana Bana.
Propinsi: NTT
Pertanyaan:
Jika tidak ada ujian Nasional, bagaimana pengiriman akhir untuk siswa SMP melanjutkan ke jenjang berikutnya Pak?
Nama: Afriyanti Ningsih
Propinsi: Jawa Barat
Kab: Bekasi.
Pertanyaan:
1.Jika tidak ada UN. Apa fungsi assesmen bagi siswa SMA dan SMK?
2.Apakah ada perbedaan asesmen pada SMK yang masa belajarnya 4 tahun, padahal selama ini sudah ada uji kompetensi sesuai bidang keahlian mereka.
Jawaban
1. Fungsi asesmen bagi siswa SMA dan SMK adalah untuk mendiagnosa mutu pendidikan
2.tidak ada perbedaan.
Nama siti rejeki
Provinsi jakarta
Pertanyaan: Kata Minimum mengacu
kepada tidak semua konten
di dalam diukur di dalam
dalam AKM .. Itu berarti tidak semua mata pelajaran diukur dengan AKM
Jawabannya
Benar. Tdk semua konten dalam Kurikulum ditentukan dlm AKM. Yang. Menjadi konten ukuran AKM hanya literasi dan numerasi saja.
Nama: Tri sutrisno
Propinsi: kepri
Pertanyaan:
Bagaimanakah cara menentukan nilai kelulusan siswa kelas 6, jika memang ada Soal AKM. Bagaimanakah bntuk AKM tersebut?
Jawaban
Cara penilaian kelulusan kelas 6
Jawaban
Bentuk instrumen AKM sebagai berikut.
Nama: Nova Susanti
Provinsi: Bengkulu
Pertanyaan:
Bila anak yg diujiankan sebanyak 45 siswa per sekolah, apakah ini sudah mewakili untuk jadi alat ukur mutu sebuah sekolah?
Jawaban
Sudah mewakili sebagai sampel sebuah instrumen asesmen nasional
Nama: Minah
Provinsi: DKI Jakarta
Pertanyaan:
1. KLO pd USBN pertanyaan mengukur kognitif peserta didik, bgmn standar pengukuran pd asesmen?
2. Bentuk butir soal asesmen berupa pertanyaan atau pernyataan?
3. Apakah tindak lanjut hasil sebagai peserta didik?
Jawaban
1. Standar pengukuran pada asesmen juga sama kognitif tetapi bedanya lebih kepada pemahaman konsep bacaan dan kampuan pada mengaplikasikan konsep hitung
Jawaban
2. Bentuk butir soal asesmen kedua duanya. Bisa dicek contoh pada file yang sdh dibagikan
3. RTL dari asesmen nasional adalah untuk memperbaiki mutu pendiikan
Nama: Kismawati
Provinsi: Sumatera Barat
Pertanyaan: Ketika adanya USBN dan UN, dituliskan dalam SKHUN dan Ijazah dan digunakan sebagai syarat untuk melanjutkan Pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Bagaimana pula dg asesmen ini Kang, apakah Ijah juga akan diganti dengan bentuk yang lebih sederhana dalam hubungan RPP?
Jawaban
1. Model ijasah tdk berubah
Masih tetap modelnya seperti yang lama.
2. Untuk kepentingan yang akan ditulis di SKHUN dapat dikembalikan lagi kepada sekolah masing-masing. Cara memberi nilai bisa melalui ujian sekolah mandiri, tes tertulis, portopolio dll sebagai mana saya paparkan di atas
Nama: Putri Rudi Yuli S.
Provinsi: Jawa Timur
Pertanyaan: Ketika USBN tidak diwajibkan, maka bgmn tolak ukur dalam kelulusan?
Untuk siswa SMK, maka nilai apakah yang kiranya akan dituliskan dalam ijazah? 🙏🏻
Lalu, asesmen Nasional digunakan untuk mengukur mutu sekolah, apakah tidak ada pelatihan untuk guru dalam mempersiapkan AKM?
Jawaban
1. Tolak ukur dalam kelulusan siswa tingkat akhir dapat dikembalikan lagi kepada sekolah masing-masing. Tdk ada keseragaman dalam menentukan tolak ukur kelulusan sekarang. Ini. Istilah mas menteri merdeka belajar. Merdeka dalam Menentukan kebijakan kelulusan berdasarkan masing-masing sekolah.
2. Untuk siswa SMK nilai yang akan dituliskan dalam ijasah sama seperti tahun sebelumnya. Karena asesmen nasional ini akan dilaksanakan pada pertengahan tahun pembelajaran bukan pada akhir tahun pembelajaran.
3. Tidak ada pelatihan untuk guru dalam mempersiapkan AKM
Assalamualaikum.
Nama: Afriyanti Ningsih
Prop: Jabar
Kab: Bekasi
Kang, jika mendengar uraian ini, bisa diambil kesimpulan bahwa kesimpulan kelulusan siswa, hampir sama dengan sumber daya, hanya untuksoal yang tak terkalahkan dengansekolah masing2.
Jika salah pemahaman saya, tolong diluruskan.
Jawaban
Betul. Model kelulusan siswa tahun ini ditujukan kepada masing-masing sekolah.
Adapun model ujian kelulusannya dikembalikan kepada sekolah.
Terima kasih untuk materinya 🙏🙏
Assalamualaikum.
Nama: Anna Astuti
Prop: Jatim
Kota: Batu
Sekitar 3 minggu lalu ada info dari kementrian simulasi simulasi AKM secara serentak untuk yang kelas 9, tapi ketika anak-anak sudah di lab ternyata tidak jadi karena masih ada masalah dalam jaringan atau apa ?? (maaf kurang begitu jelas 🙏 )
1) kapan dilaksanakan kembali untuk AKM tersebut ya ???;
2) Jika peserta AKM dari siswa diambil secara acak, apakah ada proporsi jumlah ketentuan ??
3) Untuk mengukur AKM di satuan pendidikan guru juga mengikuti AKM tersebut, pelaksanaanya sebelum siswanya apa setelah siswanya ???
Sekallg terima kasih Kang Encon
1. Betul seluruh sekolah di Indonesia beberapa waktu lalu giat melaksanakan gladi bersih AKM. Ada beberapa sekolah yang lancar ada juga yang belum lancar.
2. Jadwal AKM sebgai berikut.
3. Peserta AKM adalah siswa adapun aturannya sbb. Siswa SD / MI kelas 5 = 30 siswa. Siswa SMP SMA SMK dan sederajat maksimal 45 siswa tiap satuan Pendidikan
4. Pelaksanaan AKM untuk guru dan kepala satuan Pendidikan waktunya lebih fleksibel sekitar 2 minggu untuk menjawab instrumen. Pemberian instrumennysa siih satu waktu tetapi untuk menjawab lebih fleksibel. Semntara jadwal AKM untuk siswa jadwalnya sdh ditentukan oleh mendikbud
5. RTL setelah asesmen
1. Hasil asesmen akan diberikan kepada sekolah masing-masing dari. Kementrian
2. Sekolah wajib melakukan perbaikan dan refleksi diri dari hasil asesmen tersebut
3. Sekolah memperbaiki "kekurangan" berdasarkan informasi yang diperoleh.
4. Targetnya: mutu pendidikan mengacu pada SNP dgn basis pendidikan 4.0
Assalamualaikum wr wb
Nama: Nova
Prop: Bengkulu
Kota: Curup
Kapan kita sebagai guru dalam kegiatan ini belajar untuk dapat membuat soal berbentuk AKM?
Sehingga kita dapat melatih anak anak setidaknya menganalisis soal seperti soal AKM.
Tambahan:
Untuk Nilai pada ijazah, sumber nilai yang mana yang kita olah, dan kita isikan pada lembar ijazah?
Untuk Uji kompetensi pada siswa SMK, masih dilaksanakan apa tidak?
Jawaban
1. Belum ada diklat pelatihan cara menulis soal AKM. Soal yang akan diujikan merupakan hasil kerjasama kemdikbud dengan lembaga khusus yang memiliki irisan dengan PISA.
Adapun yang bisa mengajar guru kepada siswa yang terkait soal AKM adalah pemahaman konsep dlm Menjawab soal. Bukan pengetahunnya. Sebagai bahan kajian pada file yang sdh dishare bnyk contoh soal AKM.
2. Untuk nilai sumbernya dari hasil penilaian sekolah akhir yang diselenggarakan oleh masing-masing sekolah yang sesuai
3. Untuk menguji kompetensi siswa SMK kembali kepada kebijakan sekolah
Wassalam
Encon rahman
Sebagai tindak lanjut dari program ini
Silakan rekan rekan
membaca, mengkaji dan menganalisis contoh soal AKM dari file yang sdh di share ya 🙏🙏
Tdk ada ujian nya 😂
Hanya membaca mengkaji dan menganalisis seluruh file yang sdh di share
Silakan
kebijakan kelulusan dikembalikan ke sekolah masing-masing ...
Ujian Sekolah dikembalikan sekolah mau dilaksanakan apa tidak.
Pertanyaannya.
Standar Kelulusan Siswa secara Nasional .. apakah dimerdekakan juga?
Bukankah banyak faktor perbedaan antar daerah, apakah nanti dengan belajar merdeka akan ada sekolah yang merdeka?
1. Standar kelulusan siswa secara nasional menurut mas kaisar kepada sekolah masing-masing2. Setuju bnyk faktor perbedaan antar daerah. Sekolah yang merdeka tentu dlm koridor tertentu. Bukan berarti kita bebas sebebasnya. Karena kita tetap memiliki kiblatnya menentukan kebijakan pendidikan ini yakni UU dan permendikbud
Tidak ada komentar:
Posting Komentar